header-int

Dampak Cyberbullying terhadap Kesehatan Mental Siswa

Selasa, 04 Jun 2024, 11:45:42 WIB - 93 View
Share
Dampak Cyberbullying terhadap Kesehatan Mental Siswa

Di zaman modern seperti ini, teknologi memainkan peran penting dalam kehidupan kita saat ini, tak terkecuali siswa dan santri, dan dampaknya terhadap kesehatan mental bisa positif maupun negatif. Memahami dampak ini, oleh karenanya mempromosikan penggunaan teknologi yang sehat di kalangan siswa menjadi hal yang sangat penting. Di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, salah satu pondok pesantren terbaik di Jawa Timur, kami melakukan pendekatan holistik terhadap pendidikan mencakup perhatian khusus terhadap kesejahteraan mental siswa, terutama berkaitan dengan hal-hal seperti ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi memiliki dampak yang sangat positif terhadap kehidupan sehari-hari kita. Akses internet yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun saat ini memberikan kemudahan bagi kita untuk mengakses sumber daya online serta alat dan teknologi pendidikan yang canggih. Kemudahan-kemudahan seperti ini dapat meningkatkan level pendidikan kita serta wawasan siswa ataupun santri. Oleh karenanya, kami memberikan kemudahan bagi Siswa di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah untuk memanfaatkan berbagai platform e-learning untuk memperkaya pengetahuan mereka dan mengakses materi belajar tambahan yang mendukung kurikulum.

Meskipun begitu, tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dan akses internet yang mudah turut membawa dampak negatif. Yang harus kita pahami adalah bahwa teknologi dan internet adalah alat. Oleh karenanya, memberikan pemahaman kepada siswa ataupun santri dalam penggunaan alat-alat teknologi menjadi salah satu hal yang krusial.

Masalah-masalah ini tak melulu adalah masalah yang rumit. Sesederhana mengontrol penggunaan gawai juga menjadi penting. Perlu dipahami bahwa waktu layar yang berlebihan dapat menyebabkan masalah tidur, ketegangan mata, dan bahkan penurunan aktivitas fisik. Di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah sendiri, ada aturan yang cukup ketat untuk mengontrol hal ini dan membuat kehidupan santri tak melulu soal media sosial saja. Hal ini dilakukan untuk memastikan siswa mendapatkan istirahat yang cukup dan tetap aktif secara fisik.

Pembatasan dan aturan yang ketat terkait penggunaan telepon pintar juga dilakukan untuk meminimalisir potensi pelecehan dan perundungan online yang tanpa kita sadari marak terjadi di era media sosial seperti sekarang. Perundungan online dapat sangat memengaruhi kesehatan mental serta mengganggu kesejahteraan kehidupan siswa dan pastinya mengganggu pertumbuhan siswa. Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah, sebagai sekolah ramah anak, kami memiliki komitmen kuat terhadap masalah-masalah semacam ini. Kami memiliki kebijakan nol toleransi terhadap perundungan siber dan memberikan pendidikan tentang perilaku digital yang bertanggung jawab terhadap santri.

Disisi lain, paparan gambar-gambar yang ideal di media sosial dapat menyebabkan anak mulai membandingkan kehidupannya dengan kehidupan figur publik yang berseliweran di media sosial. Tanpa disadari kondisi dapat menimbulkan perasaan tidak cukup dan bahkan rendah diri. Dengan mondok di Pesantren Bayt Al-Hikmah, siswa diajarkan untuk menghargai diri sendiri dan orang lain, mengurangi dampak negatif dari perbandingan sosial.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menyeimbangkan penggunaan teknologi?

1. Menetapkan Batas:

Mendorong jeda dan membatasi waktu layar, menjadi hal yang sangat penting. Kami di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah menerapkan jadwal harian yang seimbang antara kegiatan akademis, spiritual, dan rekreasi untuk memastikan penggunaan teknologi yang sehat.

2. Mempromosikan Aktivitas Offline:

Mendorong hobi dan aktivitas yang tidak melibatkan layar terbukti dapat membantu siswa menemukan keseimbangan. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler dpat dieksplor oleh santri di pondok pesantren ramah anak ini, seperti olahraga, seni, panahan dan masih banyak lagi, memberikan alternatif yang sehat dan menarik bagi siswa.

3. Edukasi Penggunaan Teknologi dengan Aman:

Mengajarkan siswa tentang cara menggunakan teknologi dengan aman dan positif, dapat membentuk perilaku digital yang bertanggung jawab untuk para siswa. Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah sebagai Pondok Pesantren yang selalu berusaha menjadi Pondok Pesantren terbaik di Jawa timur, senantiasa memberikan edukasi kepada para siswa untuk memastikan bahwa mereka memahami risiko dan tanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

Dengan memahami dan mengelola penggunaan alat teknologi seperti telepon pintar, siswa di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah dapat menikmati manfaatnya sambil meminimalisir efek negatif terhadap kesehatan mental mereka. Sebagai pondok pesantren terbaik di Jawa Timur, Bayt Al-Hikmah berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pesantren yang ramah anak sehingga dapat mendukung anak-anak untuk tumbuh secara utuh, memastikan kesejahteraan holistik setiap siswa.

Jika Anda mencari pondok pesantren terbaik di Jawa Timur yang juga merupakan sekolah ramah anak, Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pendidikan dan pertumbuhan anak anda.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:

Unidha Alamat : Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Telepon : (0343)413549
Email : info@baytalhikmah.net
© 2024 Yayasan Bayt Al-Hikmah Pasuruan
WhatsApp-Button