header-int

SPEKTAKULER, OPENING DAN CLOSING CEREMONY EVENT DOLANAN YOK 8 DI PP BAYT AL-HIKMAH PASURUAN

Senin, 22 Jan 2024, 14:13:47 WIB - 868 View
Share
SPEKTAKULER, OPENING DAN CLOSING CEREMONY EVENT DOLANAN YOK 8 DI PP BAYT AL-HIKMAH PASURUAN

 

 

 

 

 

 

SPEKTAKULER, OPENING DAN CLOSING CEREMONY EVENT DOLANAN YOK 8 DI PP BAYT AL-HIKMAH PASURUAN 

20-21 Januari 2024 PP Bayt Al-Hikmah mengadakan event akbar tahunan yang diikuti oleh seluruh sekolah se-Jawa Timur dari tingkat SD dan sederajat hingga SMA/SMK/MA. Hari ini sabtu, 20 Januari telah berlangsung Pembukaan Kegiatan Dolanan Yok 8. Kegiatan yang berlangsung meriah dan spektakuler ini dibuka dengan beberapa penampilan dari santri Bayt Al-Hikmah. Salah satunya yaitu tarian khas dari Sulawesi Selatan yaitu Tari Kipas Pakarena. Sebelum acara dimulai tidak lupa juga penampilan yang sangat menarik yaitu Al-Banjari dengan diiringi suara merdu dan penuh kesan islami. Kegiatan pembukaan dipandu oleh Ghana Bilqis Az Zahra XI 4 dan Rajwa Kartika Sukma X 4.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathan berkumandang dinyanyikan dengan suara gemuruh oleh seluruh panitia, peserta, dan seluruh undangan yang hadir. Tidak luput pula sambutan oleh ketua panitia kegiatan Dolanan Yok 8 Sholeh Latief dan Direktur Pendidikan Bayt Al-Hikmah H. M. Nailur Rochman, S.IP, M.Pd dan dilanjutkan oleh Dr. H. Amad Taufiq, AR. M.Si dalam memberikan sambutannya sebagai Ketua Yayasan Bayt Al-Hikmah. Dan dilanjutkan oleh Doa dari K.H. Idris Hamid, Lc yang sekaligus pelepasan balon dengan dibarengi permainan ontong-ontong sebagai tanda kegiatan Dolanan Yok 8 resmi dimulai sekaligus penampilan terakhir yaitu theme song Dolanan Yok 8 yang juga diisi oleh kolaborasi Taekwondo dan Tari Pakarena.

Sebelum pembukaan DY 8 berlangsung Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, S.T.P., M.Si sehari sebelumnya memberikan sambutan dan apresiasi atas konsistensi penyelenggaraan Dolanan Yok melalui video yang juga sebagai dukungan untuk Panitia dan Peserta untuk terus semangat dalam menyukseskan kegiatan Dolanan Yok 8. Hadir juga dalam pembukaan Neng Hj. Widad Bariroh, S.Si, Neng Hj. Wardah Nafisah, S.Kep., MBA, Neng Najihah, Gus Ahmad Uwais, Gus Dr. H. Misbahul Munir, S.H., M.Ag, dan H. Wongso.

Dolanan Yok adalah acara tahunan yang dinanti-nanti oleh siswa-siswi di Jawa Timur. Acara ini merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk menunjukkan bakat dan minat mereka dalam berbagai kegiatan lomba yang menarik. 

Dalam event Dolanan Yok kali ini, Bayt Al-Hikmah mengusung tema "Discovering Makassar, Salamu'i Budaya, Bangi Nusantara". Acara ini bertujuan untuk menggali potensi siswa-siswi di Jawa Timur dan memberikan ruang bagi mereka untuk menampilkan kebolehan dan kreativitas mereka dalam berbagai bidang lomba. Tak hanya itu, Dolanan Yok juga diharapkan dapat membantu siswa-siswi untuk membangun nilai-nilai kebersamaan, solidaritas, dan semangat sportivitas.

Dalam event Dolanan Yok 8, akan ada beragam kegiatan lomba yang menarik, mulai dari gobak sodor, tarik tambang, bola tembak, magalle, Indonesia pintar, senandung ceria, klompen putri, lompat tali, patil lele, benteng-bentengan, kelereng, dan menggambar untuk tingkat SD dengan jumlah peserta 1900. Untuk tingkat SMP ada lomba poster digital, cerita Nusantara, dan fotografi dengan jumlah peserta 40. Untuk tingkat SMA ada lomba cover musik, karikatur digital, dan mini vlog dengan jumlah peserta 16. Khusus lomba SMP dan sederajat serta SMA/SMK/MA lomba dipertandingkan secara online. Sehingga total peserta yaitu 1956. Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai bazar makanan dan minuman yang beraneka ragam.

Pada hari kedua Minggu, 21 Januari 2024 Wakil Walikota Pasuruan hadir secara resmi pada acara Closing Event Dolanan Yok 8 sekaligus memberikan sambutan mengenai kegiatan Dolanan Yok 8. Beliau juga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Dolanan Yok 8 dan sekaligus berharap kegiatan Dolanan Yok bisa menjadi bagian dalam kalender kegiatan Kota Pasuruan. Beliau tampil di atas panggung dengan menggunakan baju yang sama dengan panitia Dolanan Yok 8. 

Setelah sambutan yang diberikan oleh Wakil Walikota Pasuruan acara Closing Ceremony dilanjutkan dengan doa yang dibacakan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah K.H. Idris Hamid, Lc. Tidak lupa juga Dr. H. Amad Taufiq, AR. M.Si selaku Ketua Yayasan mengawali sambutannya pada Closing Dolanan Yok 8. Harapan beliau sebagai Ketua Yayasan Bayt Al-Hikmah adalah menginginkan adanya ruang yang luas dan besar dalam meningkatkan kreativitas anak terutama dalam menjaga permainan tradisional. 

Hadir juga pada acara Closing Ceremony kali ini yaitu Kacabdin Kota Kabupaten Pasuruan, Kepala Disparpora Kota Pasuruan, Plt. Bupati Pasuruan, Kepala Portina Kota Pasuruan, Kapolres Kota Pasuruan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Hadir juga Dewan Masyayikh yaitu Ibu Nyai Hj. Kuni Zakiyah, Gus H. M. Nailur Rochman, S.IP, M.Pd, Gus dr. H. Mufti A.N Anam, M.I.Kom, Gus Ahmad Uwais, dan Gus H. Abdul Aziz, S.Pd, Neng Hj. Widad Bariroh, S.Si, Neng Hj. Wardah Nafisah, S.Kep., MBA, Neng Najihah, dan Neng Tsuroyyah, SS.

Acara Closing Ceremony Dolanan Yok 8 kali ini dipandu oleh santri atas nama Iqtada Bilhamid kelas XI 2 dan Arsyad Shodiqin kelas XI 2. Keduanya membawakan acara dengan menggunakan kostum yang menarik dan serasi dengan tema kali ini. Yang tidak kalah menarik pada kegiatan Closing yaitu penampilan Tari Pa'Gellu Toraja dan Sigajang Laleng Lipa. Dan tak lupa juga momen yang paling ditunggu-tunggu yaitu penyerahan hadiah kepada sekolah yang memenangkan kegiatan lomba pada Event Dolanan Yok 8.

Event Dolanan Yok di Bayt Al-Hikmah diharapkan dapat menjadi ajang yang menginspirasi, memberikan semangat baru, dan memperkokoh persaudaraan antarsiswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini. Melalui partisipasi dalam acara ini, siswa-siswi diharapkan dapat mengasah keterampilan, mengekspresikan diri, dan memperluas jaringan pertemanan, dan secara tidak langsung menjadi bagian dalam melestarikan permainan atau dolanan tradisional Indonesia. 

Dengan mengusung semangat "Discovering Makassar, Salamu'i Budaya, Bangi Nusantara", Bayt Al-Hikmah siap menjadi bagian dalam melestarikan dolanan tradisional. Acara ini akan menjadi momen berharga bagi semua pihak yang terlibat, baik sebagai peserta, panitia, maupun penonton.

Unidha Alamat : Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Telepon : (0343)413549
Email : info@baytalhikmah.net
© 2024 Yayasan Bayt Al-Hikmah Pasuruan
WhatsApp-Button