header-int

SMK BAYT AL HIKMAH SUDAH BELAJAR SEBELUM MERDEKA

Jumat, 29 Jul 2022, 09:57:54 WIB - 272 View
Share
SMK BAYT AL HIKMAH SUDAH BELAJAR SEBELUM MERDEKA

SMK BAYT AL HIKMAH SUDAH BELAJAR SEBELUM MERDEKA

Yudha Prihantanto

Sebagai sekolah tingkat menengah kejuruan berbasis pesantren yang memiliki kompetensi desain komunikasi visual, SMK Bayt Al Hikmah telah mendefinisikan kurikulum merdeka secara nyata. Terbukti dalam 3 tahun terahir sebelum terlaksananya aturan pemerintah tentang kurikulum merdeka, SMK yang memiliki kompetensi DKV pertama di Pasuruan ini telah menerapkan pembelajaran berbasis proyek dalam setiap pembelajaran. Seperti proyek branding suatu produk kuliner, branding heritage sebagai tema dalam ujian kompetensi keahlian. Tiap tema tersebut menghasilkan empat produk yaitu: foto produk sebagai bahan pada desain publikasi (brosur, poster, menu makanan, infografis), desain kemasan, merchandise (tootbag, t-shirt): sebagai souvenir khas lokal daerah (Pasuruan), video iklan dan lain sebagainya. Selain itu menyelenggarakan pameran sebagai tugas akhir semester. Semua hasil pembelajaran menjadi bahan untuk di display pada ruang pamer sebagai pertanggungjawaban dan portfolio dari hasil pembelajaran yang ditempuh. Di awal tahun ajaran baru ini pun SMK Bayt Al Hikmah tanpa jeda langsung menggelar pameran ujian akhir semester dengan tema “MERDEKAVE”. Bersama SMK Darul Murtadlo sebagai sekolah baru yang memiliki kompetensi yang sama.

Pada Rabu 27 Juli 2022 peserta didik SMK Bayt AL Hikmah turun kejalan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka pada aspek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Peserta didik diajak untuk mengapresiasi event Pameran Seni Rupa Ilustrasi yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Seni dan Seniman Pasuruan (KGSP). Pameran tersebut diikuti semua Guru Seni segala jenjang dan melibatkan seniman profesional tingkat Nasional di Gedung Harmonie jalan Pahlawan. Tujuannya agar peserta didik belajar langsung pada kegiatan pameran dalam segmen yang lebih luas. Peserta didik mendapat tugas yaitu:

  1. Membuat vlog video tentang aktivitas mulai berangkat dari sekolah sampai Kembali balik ke sekolah
  2. Membuat video reportase dengan panitia penyelenggara tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan event pameran seni mulai dari pra poduksi, produksi, sampai pasca produksi.
  3. Membuat video reportase dengan seniman untuk merivew proses berkarya diantaranya: penggalian ide, cara memvisualisasikan ide, hubungan antara ide dengan objek visual, tehnis berkarya, media dan bahan yang digunakan, makna filosofis karya, pesan yang disampaikan, lama waktu pengerjaan dan lain sebagainya
  4. Mendata semua karya lalu memilih lima karya terbaik sesuai versi masing-masing beserta alasannya
  5. Mengamati, meneliti ukuran Gedung. Kemudian membuat sketsa layout display sesuai versi masing-masing yang diinginkan. Menghitung jumlah kebutuhan sketsel (papan pajang), menghitung kapasitas karya.

Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan suka cita dan gembira oleh peseta didik SMK Bayt Al Hikmah karena selain sesuai dengan kompetensi keahlian, atmosphere pembelajaran menjadi lebih bersensasi. Adapun tujuan yang diperoleh dari aktivitas tersebut diantaranya:

  1. Peserta didik memahami mekanisme mulai pra produksi, produksi dan pasca produksi yang berkaitan dalam penyelenggaraan sebuah pameran seni
  2. Peserta didik memahami pentingnya tujuan pameran seni
  3. Peserta didik mampu menilai dan berpendapat dalam mengapresiasi suatu karya seni sesuai pengetahuannya
  4. Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis, tehnik dan fungsi karya seni
  5. Peserta didik memahami pentingnya teamwork dalam suatu kegiatan
  6. Peserta didik termotivasi untuk berkarya
  7. Peserta didik termotivasi dalam menyelenggarakan pameran seni
  8. Peserta didik mengenal berbagai seniman secara langsung
  9. Melatih siswa dalam berkomunikasi
  10. Melatih siswa dalam mengorganisir suatu kegiatan
  11. Melatih siswa dalam menganalisis, merancang, menghitung dan mendesain display ruang pamer

Nantinya hasil dari pembelajaran tersebut akan diterapkan di sekolah pada kegiatan yang sudah diluncurkan yaitu: MERDEKAVE #2. Meliputi lomba fotografi dan lomba baca puisi tingkat SMP se Indonesia, juga lomba menggambar ilustrasi tingkat SMP se Pasuruan Raya. Mengambil tema “Bagaimana merdeka versimu?” sebagai perayaan HUT RI ke 77. Akhir dari kegiatan tersebut akan menggelar pameran karya hasil dari lomba yang bertempat di Bayt Al Hikmah. Sebagai apresiasi, penyerahan pemenang lomba dilakukan setelah upacara Kemerdekaan RI ke 77 di Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah.

 

Bagaimanapun benturan dan bertaburannya penerapan kurikulum dalam Pendidikan, SMK Bayt al Hikmah telah menjawab secara nyata. Meskipun dalam hal ini masih jauh dari sempurna. Namun secara tersirat, sebagai Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Pesantren merupakan alternative untuk mewujudkan luhurnya Pendidikan.

Unidha Alamat : Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Telepon : (0343)413549
Email : info@baytalhikmah.net
© 2022 Yayasan Bayt Al-Hikmah Pasuruan
WhatsApp-Button